PENGERTIAN
ASL (Aplication Sevice Library)
Aplikasi
Service Library (ASL) adalah kerangka kerja domain publik dari praktik terbaik
yang digunakan untuk standarisasi proses dalam Aplikasi Manajemen, disiplin
memproduksi dan memelihara sistem informasi dan aplikasi. Istilah
"perpustakaan" digunakan karena ASL disajikan sebagai satu set buku
yang menggambarkan praktek-praktek terbaik dari industri TI. Hal ini dijelaskan
dalam beberapa buku dan artikel (banyak dari mereka hanya tersedia dalam bahasa
Belanda) dan di situs resmi ASL BiSL Foundation.
ASL
erat terkait dengan kerangka kerja ITIL (IT Service Management) dan BiSL
(Manajemen Informasi dan Manajemen Fungsional) dan Capability Maturity Model
(CMM).
Kerangka
ASL dikembangkan karena ITIL, dipeluk oleh departemen infrastruktur TI,
terbukti tidak memadai untuk Manajemen Aplikasi: pada waktu itu, ITIL tidak
memiliki pedoman khusus untuk aplikasi desain, pengembangan, pemeliharaan dan
dukungan. versi ITIL baru, terutama V3, semakin membahas Pengembangan Aplikasi
dan Aplikasi Manajemen domain; ASL BiSL Foundation telah menerbitkan sebuah
kertas putih membandingkan ITIL v3 dan ASL.
ASL
dikembangkan pada akhir tahun sembilan puluhan di Belanda, awalnya sebagai
model R2C proprietary, yang berkembang menjadi ASL pada tahun 2000. Pada tahun
2001 itu disumbangkan oleh IT Service Provider PinkRoccade ke ASL Foundation,
sekarang ASL BiSL Foundation. Versi ASL2 diterbitkan pada tahun 2009.
CANGKUPAN
ASL (Aplication Service Library)
Dukungan Aplikasi cluster
Ada 4 proses dalam cluster Dukungan
Aplikasi. Proses dalam cluster Organisasi Layanan mendukung penggunaan
sehari-hari dari sistem informasi. Proses dalam cluster ini adalah:
. Use Support
· Configuration Management
· IT Operation Management
· Continuity
Management
Proses ini telah juga telah
didefinisikan dalam kerangka ITIL. Proses serupa, tetapi dilihat dari sudut
pandang yang lain, oleh karena itu kegiatan di masing-masing proses ini mungkin
berbeda dari kegiatan dalam ITIL-environtment
FRAMEWORK PROCCES ASL (Aplication
Service Library)
1. Operational
Level
2. Management
Level
3. Strategic
Level
keren blognya :D
BalasHapusgak paham gan ASL apa yaa
BalasHapus